Permintaan dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya

Hallo, apa khabar ?
Kali ini bahasan kita adalah permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tujuan kita adalah untuk memahami permintaan barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Pasar: salah satu tempat permintaan dan penawaran terjadi

Permintaan adalah jumlah barang yang diinginkan dan disertai dengan kemampuan untuk membeli dalam tingkat harga dan kondisi waktu tertentu. Nah jika di uraikan permintaan meliputi 3 konsep, yakni:

a. Jumlah barang yang diminta merupakan jumlah barang yang diinginkan konsumen.Jumlah barang yang diminta di dasarkan pada tingkat harga barang pada saat itu, pendapatan dan selera pada saat itu. Masih ingat Hukum Permintaan ? Jumlah barang yang diminta konsumen sangat di tentukan oleh harga. Sedangkan  kemampuan konsumen membeli barang pada tingkat harga tertentu ditentukan oleh pendapatan.

b. Selera konsumen
Selera konsumen juga perlu diperhatikan dalam menganalisa permintaan, semurah apapun barang/jasa jika konsumen tidak menghendaki tidak akan terjadi permintaan. Permintaan efektif terjadi apabila keinginan konsumen konsumen untuk membeli barang diikuti dengan kemampuan untuk membeli.

c. Jumlah barang yang diminta dinyatakan dalam satuan tertentu.
Meskipun kebutuhan manusia sifatnya tidak terbatas, tetapi permintaan barang tertentu akan mengalami titik jenuh. Mengapa ? Ingat model pemasaran Multi Level Marketing (MLM) bayangkan jika sebagian besar masyarakat menjadi member kepada siapa barang yang dimiliki downline paling bawah akan di pasarkan ? Hehehe ... bingungkan ? ini salah satu konsep permintaan yang harus kita pahami. Jumlah barang yang diminta masyarakat juga sangat dipengaruhi oleh barang lain yang sejenis. Ingat barang subtitusi ? yaitu barang yang sifatnya saling menggantikan. Jika salah satu barang substitusi naik, maka konsumen akan mudah beralih pada barang lain.

Jika kita tarik kesimpulan dari konsep permintaan di atas, maka faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah:
1. Harga barang
2. Pendapatan
3. Harga barang lain
4. Selera
5. Ekspektasi akan terjadinya perubahan harga.





Tidak ada komentar: