- Apa yang dimaksud pasar? Arti pasar dapat diartikan sebagai kegiatan yang mempertemukan pembeli dan penjual untuk melakukan penawaran dan permintaan barang atau jasa.
1) Aktivitas pasar barang dapat meningkatkan perekonomian.
Pasar berpengaruh terhadap
perekonomian yang berkembang di daerah tersebut. Peran pemerintah untuk
berupaya mensejahterakan masyarakat terus dilakukan. salah satunya adalah pengolahan
pasar barang. Adanya pasar, melibatkan banyak orang untuk bertransaksi karena
disana terdapat banyak penjual dan pembeli, di dalam pasar juga melibatkan ribuan konsumen dan produsen. Di dalam pasar, uang dapat berputar
dari satu orang ke orang lain. Pasar menghidupi puluhan ratusan bahkan ribuan
pedagang. Semakin banyak orang yang terlibat semakin banyak orang yang
terselamatkan dari pengangguran. Apabila jumlah pengangguran dapat ditekan,
pendapatan perkapita akan naik. Pemasukan dana ke pemerintah baik itu untuk
pemerintah daerah maupun pusat juga akan meningkat dan kebijakan pemerintah
yang akan dilaksanakan jauh lebih baik.
Dalam perkembangannya pasar semakin mengglobal yang didukung oleh teknologi informasi. Pasar secara luas menghubungkan antara produsen dan konsumen secara global. Kegiatan transaksi melalui jaringan internet semakin maju, termasuk timbulnya alat tukar baru (Bitcoin) dalam dunia maya.
Pasar Tradisional (https://fajar.co.id/2018/11)
Dalam perkembangannya pasar semakin mengglobal yang didukung oleh teknologi informasi. Pasar secara luas menghubungkan antara produsen dan konsumen secara global. Kegiatan transaksi melalui jaringan internet semakin maju, termasuk timbulnya alat tukar baru (Bitcoin) dalam dunia maya.
Media sosial strategi menembus pasar global (https://jagad.id/)
2) Contoh
peranan pasar bagi perekonomian masyarakat
a.
Meningkatkan
pendapatan masyarakat
b.
Meningkatkan
kesejahteraan masyarakat
c.
Sebagai
salah satu sumber penerimaan daerah salah satunya dari hasil retribusi pedagang
d.
Tercukupinya
kebutuhan masyarakat sehari-hari
e. Penunjang pembangunan, yaitu sebagai penyedia barang dan jasa.
e. Penunjang pembangunan, yaitu sebagai penyedia barang dan jasa.
Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna disebut juga pasar persaingan murni adalah pasar di mana terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.
Permintaan yang terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen. Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan pembeli sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk memengaruhi harga pasar karena sudah ada ikatan batin bahwa antara penjual dan pembeli mengetahui struktur dan informasi yang ada di dalam pasar persaingan sempurna.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
a. Terdiri atas banyak penjual & pembeli
b. Adanya kebebasan untuk keluar dan masuk pasar.
b. Adanya kebebasan untuk keluar dan masuk pasar.
untuk masuk atau keluar dari pasar persaingan tersebut. Sehingga setiap
produsen atau pemilik perusahaan tidak akan terikat dengan berbagai aturan
perjanjian secara khusus dan tidak akan ada hambatan untuk melakukan hal
tersebut.
c. Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen.
d. Penjual dan pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna tentang pasar.
e. Produsen maupun konsumen tidak dapat menjual dan membeli produk dengan
harga yang lebih atau kurang dari harga pasar yang telah ditentukan.
f. Mobilitas atau perpindahan sumber ekonomi cukup sempurna
Contoh pasar persaingan sempurna; pasar beras
Pembentukan harga
Harga terbentuk pada pasar persaingan sempurna melalui mekanisme pasar, yakni tarik menarik kekuatan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar secara keseluruhan.
Ket :
P : Harga
Q : Jumlah Barang
S : Penawaran
D : Permintaan
E : Equilibrium (Harga Pasar)
Harga pada pasar persaingan sempurna bersifat datum, artinya produsen tidak akan memengaruhi harga dengan cara menambah atau mengurangi produksi. Oleh karena itu harga yang terbentuk di pasar merupakan batas apakah produsen sudah bekerja secara efektif dan efisien dalam menekan biaya dan berproduksi secara optimal. Produsen yang berproduksi dengan biaya diatas harga pasar akan mengalami kerugian. Adapun sebaliknya produsen yang menerapkan teknologi maju, cara kerja baru, dan dapat menekan biaya seminimal mungkin sehingga dapat memproduksi dengan harga pokok dibawah harga pasar akan mendapatkan keuntungan. Jadi pasar persaingan sempurna akan mendidik masyarakat untuk melakukan proses produksi secara efisien, sehingga produk yang sampai ke masyarkat adalah produk dengan mutu terbaik dan harga murah.perhatikan kurva di bawah ini :
Contoh pasar persaingan sempurna; pasar beras
Pasar Beras (sumber: https://insight.kontan.co.id/)
Pembentukan harga
Harga terbentuk pada pasar persaingan sempurna melalui mekanisme pasar, yakni tarik menarik kekuatan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar secara keseluruhan.
Ket :
P : Harga
Q : Jumlah Barang
S : Penawaran
D : Permintaan
E : Equilibrium (Harga Pasar)
Harga pada pasar persaingan sempurna bersifat datum, artinya produsen tidak akan memengaruhi harga dengan cara menambah atau mengurangi produksi. Oleh karena itu harga yang terbentuk di pasar merupakan batas apakah produsen sudah bekerja secara efektif dan efisien dalam menekan biaya dan berproduksi secara optimal. Produsen yang berproduksi dengan biaya diatas harga pasar akan mengalami kerugian. Adapun sebaliknya produsen yang menerapkan teknologi maju, cara kerja baru, dan dapat menekan biaya seminimal mungkin sehingga dapat memproduksi dengan harga pokok dibawah harga pasar akan mendapatkan keuntungan. Jadi pasar persaingan sempurna akan mendidik masyarakat untuk melakukan proses produksi secara efisien, sehingga produk yang sampai ke masyarkat adalah produk dengan mutu terbaik dan harga murah.perhatikan kurva di bawah ini :
Pembentukan harga pada pasar persaingan sempurna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar